Harga Nipple Drinker Stainless Steel Untuk Ternak Unggas

 On Senin, 08 Oktober 2018  

JUAL NIPPLE DRINKER STAINLESS STEEL
Jual Nipple Drinker Stainless Steel,
Hubungi Whatsapp Klik: WA--082245352979

Selain pakan salah satu kebutuhan dalam ternak unggas yang wajib dipenuhi adalah air. Yang berdampak pada kualitas air ada dua point, yaitu sumber air minum yang diberikan, misalnya air hujan yang ditampung, sumur, air PAM, dan lain-lain, serta pendistribusian air minum. Ada berbagai macam wadah minum ternak yang tersedia di pasaran dengan harga dan bahan yang juga bervariasi. Inilah sebabnya banyak peternak, terutama yang masih pemula mencari informasi harga nipple drinker stainless steel di internet. Artikel ini akan mengulas lebih jauh tentang tempat minum untuk ternak dan manajemen pembagiannya.

Jenis dan Harga Nipple Drinker Stainless Steel


Secara umum tempat minum ternak terdiri dari 2 jenis, yaitu manual dan otomatis. Tempat minum ternak manual biasanya berupa PVC dan gallon. Keunggulan dari produk ini adalah praktis dan mudah dipasang, mudah dibersihkan, serta harganya sangat terjangkau. Tapi kelemahan dari tempat minum ini adalah gampang tercemar kontaminan terutama dari kotoran unggas dan sisa pakan.
Kondisi ini bisa menjadi lingkungan yang ideal untuk berkembangnya mikroorganisme, termasuk e.Coli parasit yang bisa mengganggu kesehatan ternak. Alasannya karena tempat minum yang berbentuk terbuka Bila sudah demikian dampaknya bagi pengusaha adalah dapat menurunkan produksi.

Jenis kedua adalah tempat minum otomatis yang disebut nipple drinker. Tempat minum modern yang semakin banyak diminati ini merupakan wadah minum system tertutup yang bisa diaplikasikan sejak unggas masih muda sampai dewasa dan siap panen. Penggunaan  tempat minum demikian ini juga direkomendasikan agar ternak mempunyai performa yang maksimal.

harga nipple drinker stainless steel  dan campuran plastik ini memang beragam tergantung toko pilihan Anda, namun secara umum harganya memang lebih mahal dibandingkan tempat minum system terbuka. Biaya instalasinya pun lebih tinggi dan rumit. Tapi ini adalah investasi bagi bisnis Anda karena hasil yang berpotensi diperoleh tentu akan berlipat ganda karena ternak unggas Anda bisa tumbuh lebih sehat dan berperforma bagus.

Alasannya tentu karena pencemaran oleh kontaminan pada air dengan nipple drinker akan jauh lebih minim bila dibandingkan dengan tempat minum terbuka dan semi otomatis (manual). Air akan tetap bersih, higienis, dan segar, serta penggunaan air juga dapat lebih hemat karena tak perlu dibersihkan setiap hari, dengan demikian tenaga kerja yang dibutuhkan juga akan lebih minim.

Produk nipple drinker cocok digunakan untuk segala jenis ternak unggas, mulai dari ayam potong (broiler), ayam petelur, dan burung puyuh. Desain tempat minum ini berupa cawan, serta nipple, dan sabuk atau pengait untuk dipasangkan pada pralon penampung air. Bagian-bagian yang dapat dilepas dan dipasang kembali adalah pengait atau sabuknya, serta nipple atau bagian yang mengalirkan air, sementara cawan tak dapat dilepas dari pralon.

Di pasaran tersedia dua jenis nipple drinker yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, yaitu, nipple dengan aliran air kecepatan tinggi yang mencapai 80 ml – 90 ml tiap menit dan nipple dengan aliran air kecepatan rendah yang kurang dari 80 ml per menit.  Untuk nipple dengan aliran air berkecepatan tinggi, di bagian ujungnya mengalirkan butiran air, sementara pada bagian bawahnya ada cawan yang berfungsi untuk menampung rembesan bila ada kebocoran.

Untuk tipe nipple dengan kecepatan aliran air rendah cawan penampung tidak dibutuhkan karena aliran air dapat diatur dengan menyesuaikan kebutuhan ternak unggas. Untuk harga nipple drinker stainless steel nipple drinker ini secara umum berkisar 7 ribu hingga 10 ribu rupiah. Anda bisa mendapatkan produk nipple drinker terbaik dengan harga paling bersahabat hanya di online shop Alternas.

Anda bisa mengakses toko online-nya di  https://nipelmalang.blogspot.com/ dan mengikuti prosedur yang tertera pada situs resmi online shop tersebut. Tak hanya tempat minum untuk unggas, Alternas menyediakan berbagai kebutuhan peternakan Anda secara lengkap, berkualitas, harganya terjangkau, dan dapat mengirimkan produk ke berbagai tempat di tanah air.

Spesifikasi produk nipple drinker untuk unggas terbuat dari bahan plastik yang kokoh, karet, serta stainless steel untuk bagian nipple-nya sehingga dijamin kuat dan tidak berkarat. Berikutnya nipple harus dipasang pada pralon ¾ inch atau ½ inch dengan menambahkan potongan pralon sebagai bantalan. Berikut saran pengaplikasian tempat minum ini:

•Kandang baterai : 1 nipple untuk 2 hingga 4 ekor unggas
•Kandang postal : 1 nipple bisa untuk 10 ekor unggas

Setelah mengetahui harga nipple drinker stainless steel dan rekomendasi online shop untuk mendapatkan produk wadah minum terbaik, Anda juga harus mengetahui perawatan perangkat ini.

Untuk membersihkan bagian nipple Anda tinggal melepaskan dengan memutarnya kemudian dicuci sampai bersih. Lakukan dengan hati-hati agar shield karet tidak sampai lecet yang bisa menyebabkan kebocoran dan rembesan air yang membuat kandang basah. Setelah semua dibersihkan pasang kembali nipple seperti biasa.

Bagian pipa atau pralon paling sedikit 3 bulan sekali harus dibersihkan dengan cara flusing atau penyemprotan. Buka pralon pada ujungnya dan lakukan penyemprotan dengan air bertekanan tinggi sehingga kotoran dan lumut-lumut yang mengendap bisa turut terbawa air dan terbuang pada ujung satunya. Sementara untuk bagian towernya harus diperiksa secara rutin serta dibersihkan.

Pemberian Minum Untuk Ternak Unggas


Sebelum menggunakan nipple drinker stainless steel, saat unggas masih baru menetas (usia 1-4 hari) Anda harus menggunakan baby drinker yang dipasang di atas litter sekitar setinggi mata ayam. Agar litter tidak basah bila air tumpah beri alas dengan kayu atau papan. Nipple drinker dapat mulai digunakan setelah usia unggas 5 hari.

Ketinggian ideal alat minum ini adalah 1 hingga 5 cm di atas kepala ayam, sehingga ayam paling tidak dapat mengangkat kepalanya sekitar 90 derajat. Pada unggas DOC campur air minum  dengan 2% Dextrose Monohydrate yang merupakan sumber energi.  Mulai usia 5 hari campurkan multivitamin dan antibiotika dosis kecil untuk unggas.

Untuk pemberian air minum dapat dilakukan dengan tanpa batas atau adlibitum tapi tetap terkontrol. Manajemen air minum sangat penting untuk diperhatikan karena kekurangan air atau dehidrasi bisa menyebabkan gangguan pada pertumbuhan unggas. Unggas anakan 80% tubuhnya adalah air sehingga kebutuhan air mutlak harus tersedia untuk membantu pencernakan, menunjang pertumbuhan, dan hidup terutama pada 8 hingga 12 jam pertama.

Air minum untuk ternak harus bebas dari kontaminan atau bahan pencemar dan terus tersedia terus-menerus. Dehidrasi sebesar 20% bisa berakibat fatal pada unggas anakan, bahkan menyebabkan kematian. Untuk mengatur jumlah air minum yang dibutuhkan peternak juga harus jeli mempertimbangkan suhu pada saat itu.

Berikut ini kebutuhan air minum bagi unggas di peternakan:

•Umur 0 – 7 hari : 50 liter untuk 1000 ekor 
•Umur 8 – 14 hari : 100 liter untuk 1000 ekor
•Umur 15 – 21 hari : 150 liter untuk 1000 ekor
•Umur 22 – 28 hari : 200 liter untuk 1000 ekor

Berikutnya pastikan jumlah nipple drinker memenuhi keperluan air untuk setiap unggas dalam satu kandang. Nah, semoga informasi tentang harga nipple drinker stainless steel ini bermanfaat bagi Anda.

Untuk Pemesanan & Pembelian, Silakan Hubungi:

Bpk. Herman Ali
No.HP: 0822-4535-2979
Whatsapp Klik: WA--082245352979
Harga Nipple Drinker Stainless Steel Untuk Ternak Unggas 4.5 5 Caksub Senin, 08 Oktober 2018 HARGA NIPPLE DRINKER STAINLESS STEEL, KAMI JUAL HARGA NIPPLE DRINKER STAINLESS STEEL, PUSAT HARGA NIPPLE DRINKER STAINLESS STEEL HARGA MURAH, TOKO HARGA NIPPLE DRINKER STAINLESS STEEL, GROSIR HARGA NIPPLE DRINKER STAINLESS STEEL Jual Nipple Drinker Stainless Steel, Hubungi Whatsapp Klik:  WA--082245352979 Selain pakan salah satu kebutuhan dalam ternak unggas yan...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to top