Mengenal Jenis dan Harga Tempat Minum Puyuh

 On Senin, 01 Oktober 2018  

JUAL TEMPAT MINUM PUYUH HARGA MURAH
Jual Tempat Minum Puyuh Murah,
Hubungi Whatsapp, Klik WA--082245352979

Tak hanya ketersediaan air, dalam manajemen peternakan unggas pendistribusian air juga harus mendapatkan perhatian penuh hingga air siap dikonsumsi ternak Anda, misalnya burung puyuh. Semakin banyak jumlah ternak Anda tentu semakin bersar waktu dan tenaga yang harus dialokasikan untuk kepentingan pembagian air ke seluruh kandang sehingga setiap hewan ternak mendapatkan air sesuai kebutuhan. Inilah sebabnya  sejak awal Anda harus mencari informasi tentang harga tempat minum puyuh karena semakin besar populasi burung puyuh Anda keberadaan instalasi penyaluran air yang efisien dan praktis semakin penting.

Secara umum wadah minum untuk ternak unggas harus memenuhi syarat-syarat berikut ini, yaitu:
·         Terbuat dari bahan yang aman, tidak beracun, bersifat kontaminan, dan berbahaya bagi kesehatan unggas.
·         Mempunyai warna yang menarik sehingga menarik perhatian unggas.
·         Tahan terhadap paparan sinar matahari atau sumber panas lain dan asam.
·         Mudah dibersihkan.
·         Kuat dan tidak mudah rusak karena terinjak unggas atau yang lainnya.

Jenis dan Harga Tempat Minum Puyuh


Di tanah air sendiri secara umum ada dua system pembagian air minum untuk ternak unggas, yaitu open system dan closed system atau system terbuka dan tertutup. Tak sulit untuk  membedakan kedua jenis wadah air ini, open system artinya air disediakan dalam wadah terbuka yang besar, sementara closed system air disediakan dalam wadah tertutup dan dapat dialirkan dengan cara tertentu.

Tempat minum unggas model terbuka

Ada 3 produk wadah minum dengan system terbuka, yaitu cup drinker, automatif bell drinker, dan model gallon. Cup drinker kerap digunakan untuk unggas-unggas hias yang dikurung dalam sangkar. Tapi bila diterapkan pada peternakan dengan ribuan ekor unggas tentu saja system manual seperti ini akan membutuhkan banyak tenaga dan waktu. Untuk harga umum automatic bell drinker di pasaran adalah sekitar 70 hingga 80 ribu rupiah.

Untuk jenis wadah minum gallon ada beberapa pilihan prouduk dengan daya tampung yang berbeda-beda:

·         Gallon 600 cc
·         Gallon 1 Liter
·         Tempat minum unggas 1 galon
·         Tempat minum unggas 2 galon

Anda bisa mendapatkan produk tersebut dengan mengalokasikan dana mulai dari 5 ribu rupiah hingga 22 ribu rupiah

Untuk peternak, termasuk ternak burung puyuh, ada mekanisme otomatis pada cup drinker yaitu dengan memberikan sejenis tuas pada wadah tersebut. Jadi jika burung puyuh menekan tuas dengan mematuknya air bisa mengalir dari wadah. Cup drinker otomatis ini dapat dipasankan pada wadah penampung air baik berupa ember atau wadah lainnya. Selain itu Anda juga dapat memasang alat ini pada pipa air yang menyalurkan air dari sumber air.

Berikutnya adalah model gallon yang juga cukup banyak diminati peternak, terutama mereka yang menerapkan system open house. Gallon tersedia di pasaran dalam volume serta harga tempat minum puyuh yang beragam dan dapat digunakan oleh banyak ternak unggas sekaligus. Untuk  pengisian air ke dalam gallon masih harus dilakukan secara manual.

Kemudian ada pula wadah minum automatic bell drinker yang dapat bekerja secara otomatis atau disebut juga TMO atau Tempat Minum Otomatis. Alat ini bekerja secara mekanis dan akan menghentikan aliran air bila permukaan air telah menyentuh level tertentu. Wadah minum otomatis ini disambungkan dengan pipa penyalur air atau selang-selang air.

Keuntungan menggunakan wadah minum terbuka ini adalah ongkos instalasi yang terjangkau. Tetapi kerugiannya adalah pada masalah kebesihan air minum dan  kualitas serasah. Karena modelnya yang terbuka tentu mutu air untuk minum ternak susah dimonitor dan potensi terkena kontaminasi misalnya kotoran hewan dan serasah. Mikroorganisme merugikan yang dapat menyebar dengan perantara air adalah haemophilus, mycoplasma, salmonella, dan e.coli. Dengan begitu wadah minum wajib dibersihkan setiap hari.

Untuk mengontrol konsumsi air minum cara paling praktis yang bisa dicoba adalah melihat level litter di bagian bawah wadah. Posisi wadah minum dapat dikatakan terlalu rendah bila di bawah tempat minum menunjukkan litter basah. Penyebab lainnya adalah ballast atau pemberat wadah minum kurang kuat untuk menahan posisi wadah dari goncangan.

Tempat minum unggas model tertutup

Tipe wadah minum untuk ternak unggas yang kedua adalah closed system atau model tertutup, yaitu nipple drinker. Keunggulan wadah minum yang satu ini adalah tidak mudah tercemar kontaminan. Di pasaran ada dua jenis nipple drinker, yaitu high flow nipple drinker dan low flow nipple drinker dengan harga tempat minum puyuh yang juga berlainan. Yang membedakan kedua jenis wadah minum ini adalah berdasarkan aliran air tiap menitnya.

Pada tipe high flow nipple drinker aliran air mencapai 80 hingga 90 ml per menit. Pada ujung wadah minum ini terdapat manik-manik yang dapat ditangkap oleh mata unggas dengan mudah. Kemudian bila ada kebocoran atau rembesan air pada wadah sudah tersedia semacam cawah plastik untuk menampungnya pada bagian bawah  nipple. 1 nipple drinker dapat digunakan sampai dengan 12 ekor burung puyuh.

Pada tipe low flow nipple drinker laju aliran air adalah 50 hingga 60 ml per menit. Perbedaannya dengan tipe high flow nipple drinker adalah tidak tersedia cawan penampung di bawah nipple . Alasannya karena tidak mungkin ada kebocoran karena tekanan air telah disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan unggas. Anda bisa menggunakan sebuah nipple drinker untuk 10 ekor ayam.

Mekanisme wadah air ini memerlukan tekanan air sehingga instalasi tendon atau pompa harus dilakukan dengan ketinggian tertentu hingga memperoleh tekanan yang paling sesuai. Anda juga perlu mempertimbangkan jarak antar nipple agar burung puyuh tak menjangkau terlalu jauh. Paling tidak unggas diupayakan tidak sampai berjalan lebih dari 3 meter untuk mencapai sumber airnya. Pemasangan nipple juga harus mempertimbangkan tinggi badan burung puyuh, jangan terlalu tinggi atau terlalu rendah yang membuat unggas membungkuk.

Mana yang harus dipilih

Selain mempertimbangkan harga tempat minum puyuh ini ada berbagai hal lain yang juga harus dipikirkan. Yang jelas dibandingkan system terbuka, memilih instalasi system tertutup akan meminimalkan terjadinya kontaminasi pada air minum ternak dan juga lebih menghemat air. Anda juga bisa menghemat tenaga dan waktu karena tak perlu membersihkan wadah minum unggas setiap hari. Kerugian memilih system pendistribusian air yang tertutup adalah investasi awal yang cukup besar. Secara teratur Anda juga harus melakukan flushing pipa yang sedikit rumit dibandingkan pembersihan wadah air terbuka.

Yang mana pun tempat minum unggas pilihan Anda pastikan membelinya hanya di Toko Alternas dengan mengakses online shop-nya yaitu https://nipelmalang.blogspot.com/ Online shop  ini telah berpengalaman selama bertahun-tahun sebagai distributor peralatan peternakan yang telah melayani konsumen dari seluruh Indonesia. Anda bisa segera mengakses website tersebut di atas dan melakukan pemesanan sebagaimana prosedur yang tercantum.

Untuk Pemesanan & Pembelian, Silakan Hubungi:

Bpk. Herman Ali
No.HP: 0822-4535-2979
Whatsapp Klik: WA--082245352979


Mengenal Jenis dan Harga Tempat Minum Puyuh 4.5 5 Caksub Senin, 01 Oktober 2018 HARGA TEMPAT MINUM PUYUH, INFORMASI HARGA TEMPAT MINUM PUYUH OTOMATIS, HARGA TEMPAT MINUM BURUNG PUYUH, HARGA NEPEL TEMPAT MINUM PUYUH, HARGA TEMPAT AIR MINUM BURUNG PUYUH Jual Tempat Minum Puyuh Murah, Hubungi Whatsapp, Klik  WA--082245352979 Tak hanya ketersediaan air, dalam manajemen peternakan unggas...


1 komentar:

  1. Halo, salam kenal
    Saya dari ALTERNAS ingin mempromosikan produk-produk kami untuk ternak unggas yang lebih baik!
    Selengkapnya bisa dikunjungi disini
    https://alatternakunggas.com
    "Please follow and kepoin terus website kami ya kak! Banyak produk yang bisa anda lihat disini!."

    BalasHapus

Back to top