Harga Tempat Minum Ayam Petelur Otomatis Pilihan Terbaik

 On Senin, 24 September 2018  

TOKO JUAL TEMPAT MINUM AYAM OTOMATIS
Jual Tempat Minum Otomatis,
Hubungi Whatsapp, Klik: WA--082245352979

Bisnis peternakan ayam petelur terus mengalami perkembangan yang pesat. Hal ini dikarena banyaknya permintaan telur dari pasar, terlebih dengan harga telur yang sempat naik. Terbukti bahwa bisnis ini cukup menjanjikan karena memberikan keuntungan yang besar. Keuntungan besar bisa kita dapatkan apabila ayam mampu bertelur secara maksimal dan kualitas telur juga berpengaruh terhadap harga jualnya nanti. Oleh karena itu, kita harus tahu benar apa saja yang memengaruhi kualitas telur agar kita bisa memberikan pemeliharaan terbaik untuk induk ayam.

Salah satu faktor penting yang harus diperhatikan adalah makan dan minum ayam. Nutrisi yang didapatkan dari makanan dan minuman haruslah cukup agar kualitas telur yang dihasilkan bisa terjaga dengan baik. Memiliki peternakan yang besar akan membuat kita cukup kesulitan dalam memberikan makan dan minum. Bisa saja ada bagian kandang yang terlewatkan sehingga beberapa telur tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Pemberian makan mungkin tidak sesering pemberian minum sehingga tidak terlalu rumit untku dilakukan. Berbeda dengan kebutuhan akan air, ayam termasuk hewan yang membutuhkan air setiap saat untuk diminum Oleh karena itu, dibutuhkan beberapa perlengkapan yang memudahkan kita dalam memberi minum.

Kelebihan dan Kekurangan Tempat Minum Ayam Otomatis


TMAO atau Tempat Minum Ayam Otomatis menjadi pilihan favorit bagi para peternak untuk memudahkan dalam pemberian minum pada ayam petelur. Tempat minum ayam otomatis merupakan tempat minum untuk ayam yang berbentuk bell drinker. Bell drinker ini memiliki bentuk seperti lonceng atau galon yang memiliki piringan di bagian bawahnya sebagai penampung air. Air di tempat minum ini dapat keluar secara otomatis sehingga Anda tidak perlu mengeluarkannya sendiri. Prinip kerja tempat minum yang otomatis membuat kesegaran air tetap terjaga sehingga air minum untuk ayam lebih segar dan ayam dapat minum kapan saja. Kelebihan lain dari tempat minum ini adalah memiliki kapasitas yang cukup besar, bahkan lebih besar daripada tempat minum biasa. Hal ini membuat kita tidak perlu mengecek dalam waktu sebentar. Hanya dengan sekali mengambil air minum, sudah bisa bertahan lama.

Kapasitas air yang banyak membuat kita tidak perlu menyediakan satu tempat minum untuk satu ayam. Kita bisa menyediakan satu atau dua tempat minum dalam satu kandang sehingga kita bisa menghemat pengeluaran dalam pembelian tempat minum ayam otomatis.

Dibalik kelebihan di atas, ada kekurangan dari produk ini yang harus Anda ketahui. Tempat minum ini bersifat terbuka karena bagian piringannya tidak memiliki penutup sehingga memungkinkan kotoran masuk ke dalam air. Seringkali debu, sekam dan kemaran feses bercampur menjadi satu dalam minuman. Air yang sudah tercampur kotoran ini membuat kualitasnya tidak baik. Apabila masuk bakteri atau virus berbahaya yang masuk pada air, maka akan berpengaruh terhadap kesehatan ayam. Pada akhirnya, kualitas telur dapat terganggu juga.

Tempat minum ini juga rawan terhadap kerusakan. Apabila instalasi pipa rusak, bisa jadi air tidak mau keluar sehingga ayam tidak mendapatkan minum sesuai dengan kebutuhan. Bisa juga instalasi pipa yang rusak membuat air bocor kemana-mana dan membasahi litter. Belum lagi dengan cara pembersihan yang sulit pada bagian pipa intalasinya. Dibutuhkan teknik flushing, yaitu penyemprotan menggunakan air bertekanan agar dapat membersihkan noda atau kotoran yang menempel. Padahal, pembersihan seharusnya dilakukan sebanyak satu kali dalam seminggu. Jika Anda ingin tempat minum telur dalam keadaan bersih, maka Anda harus memiliki alat untuk melakukan teknik flushing. 

Pembersihan sebaiknya dilakukan seminggu sekali untuk menjaga kebersihan kandang dan tempat makan, minum ayam. Lakukanlah pembersihan secara karena jika Anda tidak mampu menjaga kebersihan nipel maka lama-kelamaan pipa bisa tersumbat sehingga ayam kekurangan air minum.

Pemberian Air Minum Ayam Petelur Periode Pertumbuhan


Pemberian air minum berpengaruh terhadap nutrisi yang dibutuhkan oleh ayam. Apabila ayam mendapatkan nutrisi yang cukup maka telur yang dihasilkan juga lebih berkualitas. Wadah air minum harus diletakkan pada tempat yang sesuai agar ayam dapat minum dengan mudah. Penempatan wadah minum ini harus disesuaikan dengan bentuk kandang agar dapat memenuhi kebutuhan minum semua ayam di dalam kandang. Untuk kandang berjenis postal, satu tempat minum otomatis berbentuk silinder dapat menampung air untuk 80 ekor ayam dengan jarak 1 sampai 1,5 meter antar tempat minum. Berbeda dengan kandang berjenis batteray, satu tempat minum dapat menampung air untuk 5 sampai 8 ekor ayam. Cara ini akan mengoptimalkan pemberian minum pada ayam petelur.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan agar TMAO Berfungsi Maksimal


Setiap alat pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu juga dengan TMAO. Meskipun memiliki kekurangan, nyatanya alat ini juga memberikan keuntungan yang membantu bisnis ternak Anda. Fungsi TMAO dapat dimaksimalkan dengan berbagai cara, seperti:

  1. Menakar air jika ditambahkan vitamin

Penambahan vitamin pada air minum membuat kita harus menakar dengan benar, berapa kira-kira air mium yang dibutuhkan oleh ayam. Vitamin yang sudah tercampur dalam air minum, hanya memiliki waktu 1 x 24 jam untuk bisa diminum. Setelah itu, air harus dibuang karena sudah tidak layak pakai. Untuk menghindari pembuangan vitamin, Anda bisa memberikan air yang pas pada jumlah ayam Anda.

  1. Jaga kebersihan kandang

Air minum yang ada di permukaan piringan tidak memiliki penutup sehingga semua benda dan serangga kecil-kecil bisa masuk ke dalam air minum. Apabila yang tercampurkan sesuatu yang beracun, seperti bakteri dan virus maka bisa mendatangkan penyakit. Oleh karena itu, Anda harus menjaga kebersihan kandang dengan baik agar tidak ada sekam, sisa kotoran, dan lainnya. Air yang terbebas dari kotoran seperti ini akan memiliki kualitas yang baik sehingga kesehatan ayam ternak Anda juga terjaga.

  1. Lakukan pengecekan secara berkala

Telah dibahas bahwa TMAO rawan untuk bocor dan kehabisan air karena tidak ada indikator atau alarm jika air minum sudah habis. Jadi, Anda harus melakukan pengecekan secara berkala untuk mengantisipasi hal-hal tersebut. Pengecekan bisa dilakukan sekitar 4 sampai 6 jam sekali. Apabila air minum sudah sangat sedikit atau bahkan habis, segera isi kembali air minum agar kebutuhan ayam terpenuhi.

Harga Tempat Minum Ayam Petelur Otomatis


Tempat minum ayam otomatis terbukti sangat membantu bisnis dalam bidang peternakan. Tidak ada salahnya jika Anda juga menggunakan alat ini untuk ayam ternak Anda. Terdapat dua jenis tempat minum ayam otomatis yang bisa Anda pilih, yaitu:

-          TMAO super Rp 70.000
-          TMAO merek medion Rp 80.000

Harga ini masih terbilang murah karena keuntungan yang akan Anda dapatkan juga cukup membantu. Tempat minum ayam otomatis akan membantu mengembangkan bisnis ternak Anda sehingga bisa menjadi lebih berhasil.

Untuk Pemesanan & Pembelian, Silakan Hubungi:
Bpk. Herman Ali
No.HP: 0822-4535-2979
Whatsapp Klik: WA--082245352979
Harga Tempat Minum Ayam Petelur Otomatis Pilihan Terbaik 4.5 5 Caksub Senin, 24 September 2018 KAMI JUAL TEMPAT MINUM AYAM OTOMATIS, HARGA TEMPAT MINUM AYAM OTOMATIS 2018, TEMPAT MINUM AYAM OTOMATIS MEDION, CARA MEMBUAT TEMPAT MINUM OTOMATIS, HARGA TEMPAT MINUM OTOMATIS MEDION 2018 Jual Tempat Minum Otomatis, Hubungi Whatsapp, Klik: WA--082245352979 Bisnis peternakan ayam petelur terus mengalami perkembangan yang...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to top