Harga Nipel Kelinci Otomatis dan Praktis

 On Jumat, 28 September 2018  


TOKO NIPEL KELINCI OTOMATIS
Jual Nipel Kelinci Murah,
Hubungi Whatsapp, Klik: WA--082245352979

Kelinci merupakan salah satu binatang lucu yang sering dijadikan sebagai hewan peliharaan. Banyak orang yang suka terhadap tingkah lucu kelinci. Hal inilah yang membuat permintaan kelinci sebagai hewan peliharaan terus meningkat. Tidak heran jika kemudian banyak orang yang mencoba bisnis ternak kelinci. Untuk berternak kelinci, kita harus tahu bagaimana cara pemeliharaannya yang benar. Kebersihan menjadi bagian yang harus diperhatikan agar kelinci terlihat bersih dan tidak kotor karena kelinci dengan bulu bersih tentunya lebih menarik untuk dipelihara.

Kita harus tahu bagaimana cara memberi makan dan minum yang benar agar kelinci terpelihara dengan baik. Pada umumnya, makanan yang diberikan kepada kelinci adalah kangkung, wortel dan sayuran lainnya. Sedangkan untuk minum, cukup dengan air saja. Sebagian besar orang, memberikan air minum di dalam baki, mangkuk, atau wadah tertentu. Hal ini bisa dilakukan jika kita hanya memelihara satu atau beberapa kelinci saja. Lalu bagaimana dengan peternakan kelinci yang mempunyai kelinci dalam jumlah besar, bisa puluhan bahkan ratusan kelinci, tentu kita perlu membutuhkan tempat minum otomatis yang praktis atau yang biasa disebut nipel kelinci otomatis.

Beberapa peternak masih menggunakan botol minum biasa sebagai tempat memberikan minum pada kelinci. Padahal, sudah ada inovasi wadah minum terbaru yang bernama nipel. Mungkin masih banyak yang belum tahu dengan istilah nipel.

Perbandingan Botol Minum dengan Nipel sebagai Tempat Minum Kelinci


Tempat minum menjadi penting ketika kita memiliki kelinci ternak dengan jumlah cukup banyak. Kita harus memperhatikan efektivitas dan harganya. Mungkin Anda masih bingung harus memilih mana, antara botol minum dengan nipel. Berikut ini perbedaan antara botol minum dengan nipel yang bisa menjadi pertimbangan Anda:

Botol Minum


Botol minum memiliki pilihan model yang cukup banyak dan hampir semua toko ternak menjual wadah ini sehingga kita tidak akan kesulitan dalam menemukannya. Botol minum cocok bagi Anda yang memiliki usaha ternak dalam skala rumah tangga, jadi belum memiliki terlalu banyak kelinci. Dibalik kelebihan tersebut, ada kekurangan yang terbesit, yaitu Anda akan kerepotam karena harus membongkar dan memasangnya setiap hari, begitu juga dengan mengisi air dan membersihkan botol juga membutuhkan bongkar pasang. Bongkar dan pasang yang dilakukan secara berulang ini membuat kita lebih boros tenaga dan waktu. Akan sangat melelahkan jika tempat minum ini digunakan untuk peternakan yang sudah besar.

Nipel Kelinci


Wadah minum kelinci terbaru ini lebih praktis dalam penggunaannya karena dalam satu box saja sudah bisa mensupply hingga 100 kandang sekaligus. Penggunaan nipel membuat air tidak mudah bercecer sehingga kandang akan terlihat bersih, bahkan lebih modern. Mengingat efektifnya alat ini, pasti kita tidak akan pernah menyangka jika harganya terbilang murah atau sama dengan botol minum. Tidak heran jika banyak peternak kelinci dalam skala menengah dan besar sudah menggunakan alat ini untuk memudahkan mereka dalam memberikan minum pada kelinci secara teratur. Meskipun demikian, alat ini juga memiliki kekurangan yang perlu Anda perhatikan. Setelah pemasangan nipel, diperlukan waktu satu hari untuk instalasi sehingga Anda harus menggunakan botol minum terlebih dahulu dalam satu hari. Terkadang, instalasi pipa juga bermasalah jadi membutuhkan penanganan khusus. Kekurangan tersebut sepertinya tidak menutupi banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh nipel sehingga bisa dijadikan pilihan sebagai pemberi minum pada kelinci.

Urutan Jalur Instalasi Nipel


Nipel dapat berfungsi apabila terdapat instalasi pipa yang lancar dalam mengalirkan air sebagai air minum kelinci. Pemasangan nipel sangat penting untuk diperhatikan agar nipel dapat bekerja maksimal dan sebagaimana mestinya. Setiap bagian memiliki fungsi masing-masing dan semuanya harus bekerja sama agar nipel dapat berfungsi dengan baik. Terdapat tiga cara pemasangan nipel yang sering digunakan oleh para peternak, yaitu:

  1. Rangkaian dari torrent 500 liter – box air – stop kran – nipel – stop kran untuk flusing – lubang angin atau end set. Cara pertama ini merupakan cara yang paling disarankan karena cukup sederhana dan anggarannya lebih hemat. Hal ini membuat pegawai bisnis ternak pun dapat membersihkan kandangan dengan mudah dan baik.
  2. Rangkaian dari torrent 500 liter – regulator – stop kran – nipel – stop kran untuk flushing – lubang angin atau end set. Caranya hampir sama dengan cara pertama, hanya saja pada cara kedua ini menggunakan regulator sebagai ganti box air. Biaya yang harus dikeluarkan lebih mahal dan kandang akan tampak lebih modern, meskipun terkadang pengaturan regulator cukup rumit karena terdapat tombol putaran pada regulator yang harus disesuaikan.
  3. Rangkaian dari torrent 500 liter – stop kran – nipel – stop kran untuk flusing – lubang angin atau end set. Cara ini terlihat lebih mudah karena tidak menggunakan regulator dan box air sehingga tampak sederhana. Tapi, tidak disarankan untuk menggunakan cara ketiga ini karena efektivitasnya pasti lebih baik cara pertama dan kedua. Air dari torrent akan dialirkan langsung ke pipa nipel. Stop kran di sebelah kanan memiliki fungsi untuk memperlambat gerakan air sebelum ke nipel agar air mengalir dengan pelan dan tenang.
Tidak mudah memahami penjelasan mengenai rangkaian nipel di atas. Oleh karena itu, ada keterangan lanjut yang harus Anda perhatikan. Berikut beberapa keterangan yang berkaitan dengan rangkaian nipel:

-   Torrent
Torrent memiliki kapasitas sebesar 500 liter yang artinya tekanan air yang dihasilkan sebesar 500 kg. Apabila torrent mengalirkan air langsung ke nipel, air yang keluar akan sangat kuat hingga muncrat. Hal ini dapat membuat ayam kaget hingga akhirnya mengalami trauma. Oleh karena itu, dibutuhkan box air atau regulator untuk menurunkan tekanan air.
-   Regulator
Regulator memiliki fungsi yang sama dengan box air, hanya saja tampilan dan rangkaiannya lebih modern dan canggih. Harganya juga lebih mahal dibanding menggunakan box air.
-   End Set
End set atau lubang angin berguna untuk jalan keluar masuknya udara ketika nipel dipacok agar airnya mau mengalir. Apabila tidak ada lubang angin, air akan terus mengalir karena udara di dalam tidak seimbang.
-   Stop Kran
Stop kran bisa dipasang di mana saja, baik kanan maupun kiri. Stop kran berguna untuk menghentikan kran air apabila tidak diperlukan. Dua stop kran memiliki fungsi yang berbeda, di mana satu stop kran kanan berguna untuk membuka aliran air, sedangkan untuk stop kran kiri berguna sebagai flushing atau pembersihan instalasi pipa.

Harga Nipel Kelinci Otomatis dan Praktis


Terdapat beberapa jenis dan model nipel kelinci otomatis yang bisa dipilih. Perbedaan harga tentunya dipengaruhi oleh kualitas dan efektivitasnya. Harga niple yang bervariasi membuat Anda bisa menyesuaikan sendiri dengan budget yang ada. Pada umumnya, nipel untuk kelinci ditawarkan dengan harga sekitar Rp 12.000. Nipel ini terbuat dari tembaga dan bisa dibongkar pasang. Selain itu, ada nipel jenis lain dan komponen yang diperlukan yang bisa Anda temukan, seperti nipel R1, nipel R1S, T-komektor ¼ (untuk R1), dan T-konektor 5/16 (untuk P1 atau R1S).

Untuk Pemesanan & Pembelian, Silakan Hubungi:

Bpk. Herman Ali
No.HP: 0822-4535-2979
Whatsapp Klik: WA--082245352979


Harga Nipel Kelinci Otomatis dan Praktis 4.5 5 Caksub Jumat, 28 September 2018 PUSAT PENJUALAN NIPEL KELINCI, NIPEL KELINCI OTOMATIS, JUAL NIPEL KELINCI OTOMATIS, HARGA NIPEL KELINCI OTOMATIS, CARA MEMBUAT NIPEL KELINCI OTOMATIS, TOKO NIPEL KELINCI OTOMATIS Jual Nipel Kelinci Murah, Hubungi Whatsapp, Klik: WA--082245352979 Kelinci merupakan salah satu binatang lucu yang sering dijadikan...


1 komentar:

Back to top